Ini Sejarahnya Motor Matik, Bukan Yamaha Nouvo Yang Pertama
Feders-Motor matic saat ini merupakan jenis motor terlaris di Indonesia. Menurut data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) dari 10 motor terlaris di tahun 2017 karena 7 diantaranya adalah motor matic. Karena itu kita akan membahas mengenai sejarah lahirnya motor matic dan perkembangannya sampai menjadi motor terlaris seperti sekarang ini.
Motor matic pertama kali dicetuskan oleh perusahaan Piaggio dengan mengeluarkan Vespa Corsa 125. Vespa Corsa 125 merupakan motor matic pertama di dunia yang dibuat pada tahun 1984.
Pada awalnya perusahaan Piaggio yang didirikan oleh Rinaldo Piaggio di Genoa, Italia pada tahun 1884 memproduksi peralatan kapal, di akhir abad piaggio juga memproduksi rel kereta, gerbong kereta, body truck, mesin, dan kereta api.
Motor Vespa dibentuk oleh Corradina D’Ascaino yang merupakan insinyur di bidang penerbangan. D’Ascanio membuat rancangan yang simple,ekonomis, nyaman dan juga elegan.
Awal mulanya D’Ascanio memimpikan sebuah revolusi kendaraan baru dengan mengambil gambaran dari tehnologi pesawat terbang, dia membayangkan sebuah kendaraan yang dibangun dengan sebuah “Monocoque” atau Unibody Steel Chassis. Garpu depan seperti Ban sebuah pesawat sedang mendarat yang mana mudah untuk penggantian ban. Hasilnya sebuah design yang terinspirasi dari pesawat dan sampai saat ini berbeda dengan kendaraan yang lain.
Vespa Corsa 125 dibuat pada tahun 1991-2006 oleh PT. Dan Motor Indonesia (DMI) sebagai Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) Vespa di Indonesia dengan lisensi penuh dari Piaggio Italy. Di awal
kemunculannya Vespa Corsa 125 mendapat antusias yang cukup baik dari para penggemarnya dan sempat mejadi tren gaya bermotor untuk kaum wanita karena transmisi automatic-nya. Vespa Corsa bermesin 2 tak 121cc, ukuran Bore x Stroke sebesar 55x51mm dan menghasilkan tenaga max sebesar 6,87 horse power pada putaran mesin 5.600 rpm dan dapat berlari hingga kecepatan max 90km/jam.
Sistem pencampuran oli sampingnya berlangsung secara otomatis dan untuk karburatornya menggunakan merek yang biasa digunakan motor Vespa yakni merek DellOrto Tipe 19E. Corsa menggunakan dual starter untuk menghidupkan mesinnya yakni electric starter dan kick starter. Bagian roda depan dan belakang Corsa menggunakan ban berukuran 3.00 x 10" dengan sistem rem tipe drum.
Design Vespa Corsa 125 memiliki bentuk tubuh yang klasik modern seperti layaknya tongkrongan Vespa Matik terbaru, dimensi tubuhnya lebih kecil dari kebanyakan model Vespa lainnya karena menggunakan platform Vespa small.
Setelah Vespa Corsa 125 munculah beberapa merk motor matic di Indonesia antara lain adalah Kymco Jetmatic 125. Motor pabrikan asal Taiwan ini tersohor dengan produk-produk Jetmatic, salah satunya adalah model Jetmatic Trend 125. Skuter ini dirilis pada awal tahun 2000, saat itu Jetmatic terbukti sebagai motor tangguh dengan melakukan tes performa Jakarta-Bali nonstop selama 100 jam dan berhasil tercatat dalam rekor MURI (Museum Rekor Indonesia).
Pada bulan Juli 2005 motor Jetmatic KYMCO kembali membuktikan diri sebagai motor satu-satunya dan pertama di Indonesia yang berhasil memecahkan rekor MURI 150 Jam Non-Stop Jakarta – Bali – Jakarta.
Secara tampilan, Jetmatic Trend 125 tampil dengan desain yang aeorodinamis sehingga hambatan udara menjadi lebih kecil. Skuter ini akan tetap stabil meski dilajukan dengan kecepatan tinggi. Kymco Jetmatic Trend 125 dibekali dengan mesin tipe 4-stroke, SOHC, berkapasitas 124,6cc. Kymco Jetmatic Trend 125 diklaim mampu menghasilkan tenaga maksimal 9,6 horse power pada putaran 7.500rpm dan torsi puncak menembus 1,0kg-m pada putaran 6.500rpm melalui system CVT otomatis.
Selain Kymco Jetmatic 125, di awal tahun 2000 Yamaha baru memulai riset motor matic dengan menghadirkan motor matic CBU (Completely Built Up), yaitu Yamaha Majesty 125 dan Yamaha Glide 100. Baru pada tahun 2002, diluncurkan Yamaha Nouvo generasi pertama yaitu Nouvo AT 115 di Indonesia sering disebut dengan Nouvo lele. Disebut dengan lele mungkin karena bentuk dari bagian haluan sepintas menyerupai ikan lele.
Tahun 2002 tepatnya motor ini dirilis di Indonesia dengan system mendatangkan langsung dari Thailand. Nouvo AT berkapasitas 115cc menggunakan atlit sepak bola Michael Owen sebagai model iklannya.
Lalu pada tahun 2003 Yamaha meluncurkan varian Yamaha Mio generasi pertama. Setelah Yamaha merajai penjualan skutik selama 4 tahun-an, maka pada tahun 2006 pabrikan Honda meluncurkan varian pertamanya, yakni Honda Vario 110 disusul pada tahun 2008 dengan merilis Honda Beat. Pada tahun 2006 itu, Suzuki juga meluncurkan varian skutik pertamanya yang dikenal dengan Suzuki Spin 125.
TAGS
federal forcemaxx federal matic Motor Matik Honda sejarah motor matik sejarah motor matik indonesia