Beranda / Berita / Sejarah Motor BMW

Sejarah Singkat Lahirnya Motor BMW

Tanggal : , Penulis : Ric

Sejarah Singkat Lahirnya Motor BMW

Feders-Udah tahu belum sejarahnya motor BMW ? yuk kita simak bersama sejarah singkat sepeda motor BMW.

Sepeda motor BMW merupakan perusahaan asal Jerman. Pada awalnya ada dua perusahaan di Jerman, Rapp Motorenwerke GmbH dan Gustav Ott Flugmaschinenfabrik, bergabung pada tanggal 7 Maret 1916 untuk membentuk BFW atau Bayerische Flugzeuzwerke AG. 

Kemudian pada tahun berikutnya gabungan dua perusahaan tersebut merubah namanya menjadi Bayerische Motoren Werke AG atau Bavarian Motor Work yang memproduksi mesin pesawat terbang sampai akhir WW I (Perang Dunia I).

Sepeda motor BMW pertama di buat di 76 Neulerchenfelder Strasse pada tahun 1920 sampai tahun 1922. 

Sepeda motor ini menggunakan mesin 2 stroke 148cc dengan 53mm bore dan stroke 60mm. sepeda motor ini dikenal dengan sebutan Flink dan masih tampak seperti sepeda yang diberi mesin.

Langkah berikutnya adalah membuat mesin dengan kode M2B15 bernama Bavaria Light Engine yang merupakan mesin twin silinder horizontal berlawanan dengan 68mm bore dan stroke 68mm, dan menghasilkankan 6,5 tenaga kuda pada 2.800 rpm.

Antara Tahun 1921-1923 mesin ini dijual kepada perusahaan Jerman lain, tetapi selanjutnya menjadi terkenal melalui penggunaan pada sepeda motor Helios pada tahun 1923. Pada model ini M2B15, mesin dipasang arahnya sejajar dengan rangka bukan melintang seperti sepeda motor BMW saat sekarang.

Chief Design Engineer BMW bernama Max Friz yang semenjak awal telah bergabung dengan perusahaan ini pada tahun 1916 mulai melakukan inovasi lagi. 

Max dengan pengalamannya telah merancang beberapa mesin pesawat terbang, mesin sepeda motor “Flink” 1920, sampai dengan mesin Helios M2B15. 

Sebagai seorang insinyur tidak mudah puas dengan temuannya termasuk pada mesin Helios, dia selanjutnya merancang dan memperkenalkan mesin model baru yang dipasang pada BMW R32, mesin tersebut dipasang melintang dengan menggunakan transmisi tiga kecepatan melalui poros-drive (gardan) dengan pelumasan tertutup. R32 ini menjadi terkenal karena warna cat biru dan putih pada logo BMW.

Penemuan dan pengembangan lanjutan dari Max antara lain mesin silinder tunggal (big single nih!), penggunaan kerangka baja pada tahun 1929, pemakaian garpu teleskopik di tahun1935, penggunaan tubular frame di tahun 1936, dan pengenalan suspensi belakang teleskopik di tahun 1938. Hebat ya!!!

Demikian sedikit sejarah singkat dari sepeda motor BMW. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita bersama. (federaloil.co.id)

Artikel Lainnya

x Check if your product is genuine