Yamaha Xeon RC dan Honda Vario 125 PGM-FI Beradu Fitur
Keputusan Yamaha Indonesia untuk melansir Xeon RC memang memberikan pilihan baru bagi konsumen skutik tanah air. Tapi, Yamaha Xeon RC nggak bermain sendirian lho. Honda Vario 125 PGM-FI adalah salah satu pesaing terdekatnya.
Salah satu pertimbangan dari kedua skutik beda pabrikan ini bisa dilihat dari fitur yang digunakannya. beberapa fitur dan teknologi pada kedua motor ini masing-masing memiliki porsi yang hampir sama. Boleh di kata seimbang. Mari kita tilik.
Mulai dari bagasi, Keduanya cukup luas dan mampu menyimpan helm. Namun karena beda kapasitas yakni 18 liter pada Vario Techno 125 PGM-FI dan 12,8 liter di Xeon RC, kemampuannya menelan helm jadi berbeda.
Di Vario Techno 125 PGM-FI mampu menampung jenis helm full face dan sedang pada Xeon RC hanya muat helm dengan jenis half face. Tapi tanpa helm, keduanya tetap lega untuk menyimpan dua set jas hujan model setelan.
Untuk perangkat keamanan, Xeon RC yang telah mengalami facelift jadi setara Vario Techno 125 PGM-FI. Rem parkir ada, standar samping yang bisa mematikan mesin otomatis bila terbuka juga sudah lengkap.
Khusus pada rem parkir, cara pengoperasian keduanya sedikit berbeda. Pada Vario Techno 125 PGM-FI, setelah tuas rem belakang ditarik, harus tarik lagi tuas kecil di depannya ke atas. Sedang di Xeon RC, setelah tarik tuas rem belakang, tinggal pencet tombol di tuas tadi. Secara pengoperasian, rem parkir di Xeon RC lebih mudah digunakan.
Tapi urusan safety, Vario Techno 125 PGM-FI lebih unggul dengan adanya rem CBS (combi brake system). Dengan CBS, ketika melakukan pengereman belakang saja, maka secara otomatis rem depan ikut bekerja memberikan distribusi pengereman yang ideal.
Fitur lainnya, kedua motor ini juga sama-sama telah menggunakan kunci kontak yang terintegrasi dengan pembuka jok, jadi tak perlu repot cabut kunci jika ingin membuka jok. Pada Xeon RC tinggal putar anak kunci, sedang di Vario Techno 125 PGM-FI cukup pencet tombol.
Pada bagian mesin ada beberapa bagian yang diunggulkan, untuk sistem pasokan bahan bakar keduanya sudah menganut injeksi hanya beda sistem. Vario Techno 125 PGM-FI menggunakan PGM-FI step 4, sedang Xeon RC pakai YMJet-FI yang memiliki 2 katup kupu-kupu di throttle body-nya.
Kemudian Vario Techno 125 PGM-FI punya sistem starter unggulan yang gabung dengan alternator (ACG), starter kini sangat halus tanpa suara. Sedang Xeon RC punya unggulan DiASil pada lapisan blok silinder ditemani forged piston, dengan menganut sistem pengapian cut off.