Skutik Anda Bergetar? Jangan-jangan Komponen ini Kotor
Biasanya ini terasa saat kita melaju dalam keadaan mesin di putaran rendah.
Seperti yang dipaparkan Honda Cengkareng, dikutip 19/09, masalah tarikan motor matik yang bergetar lebih dari biasanya terjadi pada saat motor sedang berada pada RPM rendah yang merambat sampai ke setang kemudi.
Untuk mendeteksi masalah tersebut, hal yang perlu diperhatikan yakni pada sektor transmisi.
Perhatikan pada bagian rumah CVT, pada bagian ini ada beberapa komponen seperti fan belt, weight set, clutch housing, CVT spring dan roller CVT.
Pastikan dahulu semua komponen tersebut masih mampu bekerja dengan baik, akan tetapi penyebab yang biasa terjadi yaitu karena pada bagian kampas kopling ganda/ weight set serta mangkok/ clutch housing yang sudah tipis atau aus.
(BACA JUGA : Mengubah Onderdil Bekas Menjadi Perabot Rumah Art Deco)
Setelah identifikasi masalah tersebut hal yang perlu diperhatikan yakni pada weight set dan clutch housing.
Biasanya part ini sudah tidak lagi berbentuk sempurna layaknya bawaan pabrikan. Hal tersebut yang membuat terasa getaran pada saat tarikan awal.
Kemudian agar motor matic normal kembali, caranya bisa dengan membersihkan weight set (kampas ganda) dan clutch housing (mangkuk kopling) tersebut, namun alangkah baiknya jika dilakukan penggantian pada part tersebut.
Nah Feders, bicara CVT berarti kita bicara skuter matik.