Inreyen Masih Perlu Biar Mesin Tahan Lama
Ada anggapan kalau motor-motor sekarang ini tidak perlu lagi dilakukan pemanasan atau lebih dikenal inreyen. Nyatanya, inreyen tetap dianjurkan agar mesin motor bisa tahan lama.
Misal motor baru 4-tak. Biar kondisi mesin masih baru, bukan berarti bisa langsung digeber. Biar aman, nggak salah jika ganti oli baru dulu lalu dibawa jalan sebentar keliling kota.
Fungsinya untuk merontokkan gram yang masih menempel di komponen mesin. Setelah itu, ganti oli baru agar ikut terbuang.
Inreyen juga tidak hanya berlaku untuk motor baru saja. Untuk motor-motor yang di oversize juga lebih diwajibkan. Pasalnya setelah di oversize tentu liner silinder habis dikorter. Nah, biar gerak naik-turun piston lancar ketika motor digeber, liner mesti dipoles ulang biar piston nggak gampang ngancing. Terutama ketika memuai akibat clearance liner dan seher terlalu sempit.
Cuma saat poles liner, baiknya gunakan batu hijau campur minyak tanah atau oli sebagai bahan pembatu pengikisan. Lalu oleskan ke liner, sebelum digesek berulang sama piston tanpa ring dengan cara naik-turun dari berbagai sisi.