Menakar Biaya Service Suzuki Satria FU, Beda Karbu dan Injeksi
Feders, ternyata perawatan berkala antara Suzuki Satria FU karburator dan injeksi berbeda loh.
Dalam buku servis versi Satria FU karburator perlu melakukan servis berkala tiap kelipatan 2.500 km sedangkan tipe injeksi boleh tiap kelipatan 4.000 km.
“Namun disarankan melakukan servis berkala tiap kelipatan 2.000 km baik tipe karburator maupun injeksi,” ujar Indrawan Subekti, Kepala Mekanik Suzuki Sejahtera Motor Gemilang (SMG) di bilangan Sunter, Jakarta Utara pada otomotif.net
“Karena untuk mencapai 4.000 km butuh waktu lama bisa sampai 4 bulan."
(BACA JUGA : Melirik Singkat Motor Suzuki Tertua di Indonesia)
"Selain itu di kelipatan 2.000 km biasanya sudah kotor seperti filter udara ataupun kabel kopling yang seret,” sambungnya.
Otomotifnet.com juga menulis untuk jasa servis, keduanya sama yaitu Rp 67.500, lalu penggantian busi versi injeksi ganti di kelipatan 8.000 km sedang versi karburator kelipatan 7.500 km.
Perbedaan lain adalah businya.
Untuk versi karburator pakai Denso U24ESR-N sedang yang injeksi NGK MR8E-9.
(BACA JUGA : Kapasitas Pabrik Oli Cilegon Capai 100 Juta Liter)
Nah, untuk oli mesin kedua motor ini bisa menggunakan jenis oli yang sama, seperti produk oli Federal Oil Racing yang spesifikasinya bisa dilihat pada halaman ini.
“Namun beda volume yang dibutuhkan, untuk versi karburator butuh 1 liter sedangkan versi injeksi 1,3 liter,” lanjutnya.(Federaloil.co.id)
Daftar Harga
Jasa servis: Rp 67.500
Oli Fedral Racing : Rp 50 ribu
Kampas rem depan Satria injeksi: Rp 57.000
Kampas rem belakang Satria injeksi: Rp 56.900
Kampas rem depan Satria karburator: Rp 54.000
Kampas rem belakang Satria karburator: Rp 54.000
Busi Satria karburator: Rp 15.600 NGK CR8E
Busi Satria injeksi: Rp 20.000
Gear set Satria karburator: Rp 169.900
Gear set Satria injeksi: Rp 222.000
Filter oli: Rp 8.100
Air radiator: Rp 44.000
Parts Suzuki Sunter Sejahtera Motor Gemilang 021-6520220
Eka Motor, Federal Oil Center 085217399898