Beranda / Berita / Ban Tubeless

Inilah Keunggulan Ban Radial Dibanding Ban Berkonstruksi Bias

Tanggal : , Penulis : tigor

Inilah Keunggulan Ban Radial Dibanding Ban Berkonstruksi Bias

Foto : Revzila.com

Feders, di antara dua type ban radia dan bias kira-kira mana ya yang lebih unggul?

"Umur pemakaian ban OEM tipe bias yang IRC RX01 untuk motor sport 150 dan 250 cc kurang lebih 12.000 km," beber Arijanto Notorahardjo.

"Sedangkan radial IRC RMC 810 lebih panjang 20% sekitar 15.000 km," tutur pria yang menjabat EVP Marketing & Sales Replacement MC Tire PT Gajah Tunggal Tbk.

Mana Yang Lebih Nyaman?

Namun untuk pemakaian sehari-hari, Ifan Martin, Tire Product Manager PT Astra Otoparts meyakini ban tipe bias lebih nyaman.  

“Tipe bias atau crossply lebih enak dipakai harian karena lebih fleksibel terbuat dari lapisan kain polyester," jelasnya.

"Sedangkan radial dari bahan sabuk baja sehingga lebih rigid stabil untuk high speed corner,” tutur Ifan.

Irfan juga mengatakan dalam kondisi kurang angin, ban radial masih punya cengkraman baik. 

(BACA JUGA : Daftar Lengkap Pemenang Federal Oil Spesial Miliarder Periode ke Dua)

Speed Rating Tinggi

Kelebihan lain ban radial yaitu memiliki indeks kecepatan atau speed rating yang tinggi dibandingkan dengan ban bias.

“Untuk ban bias speed rating maksimal V yaitu 240 km/jam.

Sedangkan radial minimal V atau Z berarti diatas 240 km/jam,” rinci Ifan. 

(BACA JUGA : Ini dia Harga Vespa Sprint Sport Limited Edition di Indonesia, Minat?)

“Seperti Bridgestone Battlax S21 yang punya indeks kecepatan tinggi sampai W,” sahut Darius Teng, General Manager PT Jetwin International Motorindo, selaku official distributor ban motor Bridgestone di Indonesia.

“Pada tipe motor sport bisa dilihat juga kalau kontak ban dengan aspal hanya sedikit atau kecil, namun tetap punya cengkraman yang baik untuk pengereman maupun cornering,” jelas Darius Teng. (Federaloil.co.id)

Artikel Lainnya

x Check if your product is genuine