Laporan Blogger Peserta Federal Oil Goes To Sepang, Mengulik Paddock (3)
Federal Oil Goes To Sepang yang baru-baru ini dilakukan Federal Oil ke sirkuit Sepang, Malaysia pada 24-26 Oktober 2015 yang bertepatan dengan seri ke-17 MotoGP diikuti oleh 5 orang blogger dari Kompasiana, mereka adalah pemenang dari Kompasiana Blogger Competition.
Seorang penulis blog tentu tak akan mensia-siakan kesempatan ini untuk menuangkan pengalamannya kedalam tulisan, kelima orang blogger tersebut menceritakan pengalamannya dengan sudut pandang yang berbeda.
Tulisan Selamet Hariadi yang berjudul 'Mengulik Paddock di Sepang International Circuit' di copy paste dari artikel aslinya, mengambil sudut pandang yang asik untuk dibahas mengenai paddock Moto2 yang tidak semua pengunjung MotoGP Malaysia bisa masuk ke area steril tersebut, kesempatan yang didapatkannya pada Federal Oil Goes To Sepang 2015 langsung dituangkan kedalam artikel, berikut isi tulisannya ;
Mengulik Paddock di Sepang International Circuit
Riuh ramai terasa saat memasuki lokasi parkir Sepang International Circuit di pagi hari pada perhelatan balapan MotoGP 2015. Saat datang di lokasi parkir kita akan disambut tulisan raksasa “Sepang Circuit”. Dari tempat parkir menuju pintu masuk aroma perang brand dan fanatisme dangat terasa.
Setelah memasuki pintu masuk awal kita akan disambut berbagai booth sponsor yang memeriahkan gelaran MotoGP di Sepang ini. Berbagai hal ditawarkan untuk menggaet penonton singgah di booth-booth mereka. Banyak game hingga keseruan yang ditawarkan yang membuat penasaran beragam bangsa yang menyempatkan waktu melihat langsung Balapan.
Saya dengan langkah sangat antusias lewat sembari memperhatikan yang menarik. Suara musik dengan bit cepat membantu antusias meningkat sebelum balapan dimulai, mungkin ini juga yang membuat kebanggaan akan tim, pembalap hingga tim kesayangan semakin bertaji.
Kartu Sakti Paddock Access
Setelah melewati banyak booth, saya akhirnya disuguhkan dengan pintu masuk untuk scan tiket. Alhamdulillah… saya membawa Kartu Sakti untuk bisa dengan kelebihan Paddock Access dari Federal Oil yang merupakan salah satu Sponsor Utama Team di Moto2. Paddock adalah tempat mekanik dan pembalap bertemu meramu strategi hingga settingan yang pas untuk digunakan balapan.
Adanya kartu saktu Paddock Access ini membuat saya tak perlu antri di tempat masuk yang menggunakan tiket, karena saya diarahkan masuk jalur VIP dari petugas. Setelah melewati tempat ini saya segera mencari jalan untuk bisa menuju Paddock, sebelum balapan di mulai.
Berbekal kartu Paddock Access ini saya merasa terbantu dengan banyak petugas yang mengarahkan lokasi menuju Paddock. Jalan menuju Paddock memang cukup panjang dengan melewati banyak tangga naik-turun, hal ini karena jalan untuk menuju Paddock melalui bawah lintasan sirkuit.
Setelah melewati tangga naik-turun, saya berjalan sedikit dengan bantuan dari petugas menuju belakang Paddock. Berjajar Paddock-Paddock yang rapi dengan berbagai nama tim, nomor pembalap, nama pembalap hingga sponsor tim. Di belakang Paddock ini ada jalan untuk lalu-lintas kru dan tim pembalap, di belakangnya lagi ada bangunan yang bertuliskan tim balapan yang bisa jadi digunakan untuk istirahat.
Saat masuk jejeran Paddock ini, saya sempat bertemu Andrea Ianone dari tim Ducati yang sedang tergesa-gesa. Meski ada yang mengajaknya ngobrol seperti ingin foto, Ianone tak terlalu menanggapinya. Cuaca Sepang yang cukup panas memang memerlukan pembalap memiliki stamina yang baik dengan menjaga kondisi tubuhnya tetap fit tanpa gangguan.
Kartu Paddock Access dari Federal Oil membuat saya disambut di Paddock tim Federal Oil Gresini Moto2 dengan pembalapnya Xavier Simeon. Di tempat ini banyak hal yang dilakukan dan baru saya tahu kondisi Paddock Team untuk balapan.
Perlengkapan di Paddock
Perlengkapan di Paddock ini cukup banyak sekali. Perlengkapan ini mulai dari alat untuk membersihkan noda kendaraan, alat balancing ban hingga perlengkapan analisa via komputer di bagian depan Paddock. Peralatan canggih ini memang penting digunakan untuk mendukung performa pembalap dan motor bisa melaju dengan optimal.
Noda yang tak seberapa di spakboard saja segera dibersihkan di bagian tempat cuci Paddock. Saya rasa agar motor melaju dengan lebih baik jika tanpa kotoran. Ini jadi pelajaran bagi kita semua untuk menjaga kebersihan agar motor juga nyaman digunakan.
Ban yang digunakan juga sangat dihitung presisinya dengan semacam alat balancing ban untuk menghitung tekanan ban yang optimal. Spakboard juga ada cadangannya untuk balapan selanjutnya. Di bagian belakang ini masih banyak alat yang digunakan tim mekanik untuk meningkatkan performa motor.
Di bagian depan mulai terasa nuansa modern dengan adanya laptop untuk mendukung analisa lebih presisi. Saya bisa pahami karena perbedaan waktu sedikit dalam balapan sangat berpengaruh pada posisi akhir balapan.
Ada pula monitor yang membantu melihat kondisi dan posisi pembalap secara real time. Monitor ini bisa membantu pula melakukan perbaikan ke depannya dengan kolaborasi analisa yang menggunakan alat terkomputerisasi. Ada pula tempat khusus pembalap agar mudah melakukan komunikasi tentang settingan dan strategi yang tepat dalam balapan.
Banyak hal yang ada di Paddock ini memang dirancang agar segala hal tentang balapan bisa terpenuhi. Keramahan yang diberikan tim mekanik dan pembalap menjadi suatu hal yang berkesan mengulik Paddock lebih dalam. Saya beruntung bisa berfoto bersama Xavier Simeone di tengah kesibukkannya mempersiapkan balapan setelah Warm-Up dan sebelum Race. Semoga pengalaman ini membantu Anda merasakan yang saya rasakan dalam mengunjungi Paddock.
Mantap kan Feders tulisan dari Selamet.