Pabrikan Jepang Belum Bisa Bicara Banyak di India
Invasi pabrikan Jepang ke India ternyata belum mampu meningkatkan angka penjualannya. Hingga saat ini, merek asli India masih mendominasi pasar sepeda motor di negaranya sendiri.
Nasionalisme yang tinggi sepertinya menjadi kunci utama meningkatnya penjualan produk, baik itu dari Bajaj, Hero Motorcorp, Mahindra ataupun TVS. Dan, Hero Motorcorp masih tetap memimpin penjualan sepeda motor di India.
Dari data yang dilansir oleh Motorbeam bulan November 2013 lalu, penjualan Hero mencapai 530.530 unit sepeda motor. Di posisi kedua ada Honda dengan penjualan 319.080 unit. Unggul sedikit dari Bajaj yang hanya menjual 278.703 unit sepeda motor.
Keunggulan Honda terhadap Bajaj ini tak lepas dari produk scooternya yang cukup digemari oleh konsumen. Sementara Bajaj tetap pada pendiriannya dengan tidak akan membuat motor bertransmisi otomatis.
Selain itu masih ada TVS yang berhasil mengungguli pabrikan Jepang lainnya yakni Suzuki dan Yamaha. pasar India memang menjadi tujuan dari ekspansi para produsen. Hal ini bisa dilihat dari total penjualan di India yang mencapai 1,3 juta hingga 1,5 juta unit.