Terjang Banjir, Skutik Injeksi Lebih Baik dari Karburator
Hujan yang sering terjadi dalam beberapa minggu terakhir patut diwaspadai bagi pengguna skutik. Memperhitungkan cara mengendarai sekaligus menerabas genangan air adalah wajib agar tidak mogok.
Untuk menghindarinya, ada beberapa cara yang harus juga diperhatikan. Saat ini penyebaran skutik bersistem injeksi memang sudah cukup banyak. Namun, kenyataannya populasi skutik karburator tetap saja banyak.
Skutik yang masih memakai karburator rawan disusupi air. Jika sudah begini proses pembakaran di ruang bakar pun menjadi terganggu.
Selain itu, anda juga patut melakukan pengecekan sektor kelistrikan. cipratan air juga bisa menyebabkan kerusakan pada bagian ini. Itu dikarenakan soket-soket yang rawan air sudah dibuat seaman mungkin. Contoh soket yang rawan kena air adalah pada sensor O2, soket koil dan CKP.
Akan tetapi jangan lantas percaya diri tinggi melibas genangan air dengan skutik injeksi. Pasalnya tetap ada celah yang bisa membuat air masuk ke ruang bakar dan bikin mesin mati.Air bisa masuk ke ruang bakar, melalui boks filter udara.